PENGARUH SWEDISH MASSAGE TERHADAP TEKANAN DARAH PADA LANSIA YANG MENGALAMI HIPERTENSI DI PUSKESMAS SIMPANG PERIUK KOTA LUBUK LINGGAU

Esning Haryadi, Nunu Harison, Feny Marlena

Abstract


ABSTRAK Latar Belakang : Swedish massage dengan teknik effleurage, petrissage/kneding mempengaruhi sistem saraf parasimpatis yang dapat menimbulkan respon relaksasi. ketika tubuh relaksasi, menandakan penurunan hormon kortisol yang berperan terhadap stres serta berpengaruh terhadap sirkulasi darah. manfaat swedish massage dapat mengurangi tingkat metabolisme dan oksigen berlebihan, menurunkan tekanan darah pada hipertensi dan menurunkan irama jantung. Masalah dalam penelitian ini adalah masih banyaknya lansia yang memiliki tekanan darah tinggi di Puskesmas Simpang Periuk Kota Lubuk Linggau. Tujuan penelitian ini adalah untuk diketahui pengaruh swedish massage terhadap tekanan darah pada lansia yang mengalami hipertensi di Puskesmas Simpang Periuk Kota Lubuk Linggau. Metode : Desain penelitian ini menggunakan pre eksperimental design menggunakan pre dan post test design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 orang. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat, uji statistik yang digunakan uji T. Nilai rata-rata tekanan darah sistole dan diastole sebelum dan sesudah dilakukan swedish massage adalah 152,93 mmhg/ 98,20 mmhg dan 143,20 mmhg/91,20 mmhg. Disimpulkan ada pengaruh swedish massage terhadap tekanan darah pada lansia yang mengalami hipertensi (p = 0,000). Simpulan : Diharapkan hasil penelitian ini dapat menyediakan panduan dan standar praktek swedish massage atau SOP sehingga tindakan swedish massage dapat dilakukan oleh siapapun khususnya oleh perawat. Kata Kunci : Swedish Massage, Tekanan Darah, Hipertensi

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bertalina, B., & Muliani, M. (2016). Hubungan pola makan, asupan makanan dan obesitas sentral dengan hipertensi di Puskesmas Rajabasa Indah Bandar Lampung. Jurnal Kesehatan, 7(1), 34–45.

Dalimartha, S., Purnama, B. T., SpGK, M. S., Nora Sutarina, S., Mahendra, B., Akp, I., & Darmawan, R. (2008). Care your self, Hipertensi. Penebar PLUS+.

Fung, P. C. W., & Kong, R. K. C. (2016). The integrative five-fluid circulation system in the human body. Open Journal of Molecular and Integrative Physiology, 6(04), 45.

Manuntung, N. A., & Kep, M. (2019). Terapi perilaku kognitif pada pasien hipertensi. Wineka Media.

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi penelitian kesehatan.

Olney, C. M. (2007). Back massage: Long term effects and dosage determination for persons with pre-hypertension and hypertension. University of South Florida.

Prawesti, D., & Retno, W. A. (2012). Tindakan slow stroke back massage dalam menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. JurnalStikes RS Bapris, 5(2).

Sinurat, L. R., Wijayanti, C. D., & Adyatmaka, A. (2019). Pengaruh Swedish Massage Terhadap Perubahan Tekanan Darah, Heart Rate Dan Tingkat Stres Di Puskesmas Helvetia Medan. Jurkessutra: Jurnal Kesehatan Surya Nusantara, 7(1).

Sunaryo, M. K., Rahayu Wijayanti, S. K., Kep, M., Kom, S., Kuhu, M. M., SKM, M. P. H., Sumedi, N. T., Widayanti, E. D., Sukrillah, U. A., & Riyadi, N. S. (2016). Asuhan keperawatan gerontik. Penerbit Andi.

Widyaningrum, T. (2020). Pengaruh Swedish Massage Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi Di Ruang Rawat Inap RS An-Nisa Tangerang Tahun 2020. Jurnal Health Sains, 1(4), 243–251.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INJECTION: Nursing Journal INJECTION: Nursing Journal Stat

INJECTION: Nursing Journal indexed by:

Find in a library with WorldCat

Secretariat Office:
Research And Community Service Institute
STIKES Bhakti Husada Bengkulu
Jl. Kinibalu 8 RT. 012 RW. 002 Kebun Tebeng, Ratu Agung Bengkulu 38227
Telp./Fax. 0736-23422, Website : stikesbhaktihusada.ac.id 
Telp  :  
email:stikesbh03@gmail.com
 

Copyright STIKES BAKTI HUSADA
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License